SMA MALAHAYATI

Jalan Bima II No.3, RT.8/RW.7, Cijantung, Pasar Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13770

Cara Menyukai Membaca

Senin, 06 April 2020 ~ Oleh Ahmad Sofyan ~ Dilihat 596 Kali

Dewasa ini, banyak orang membaca bukan untuk kesenangan. Banyak alasan yang mendasari hal ini. Sebagian orang percaya bahwa kegiatan membaca butuh waktu dan upaya ekstra. Sebagian orang tidak pernah menyukai membaca sejak di bangku sekolah dan tidak pernah membayangkan melakukannya untuk kesenangan. Sebagian yang lain tidak pernah berada dalam situasi yang membuat mereka menumbuhkan kegemaran membaca. Namun, membaca dapat meningkatkan pengalaman hidup Anda. Apa pun tujuan Anda membaca, entah Anda sering melakukannya atau melakukannya sekadar untuk keperluan sekolah atau tugas kerja, ada berbagai cara untuk membuat kegiatan membaca lebih menyenangkan. George R. R. Martin, penulis buku serial Game of Thrones, pernah menulis, “Seorang pembaca menjalani hidup ribuan kali sebelum ia mati… Orang yang tidak pernah membaca hidup hanya sekali”.

  1. Pikirkan mengapa Anda ingin membaca.

    Orang membaca karena berbagai alasan. Sebelum mengambil buku, pikirkan apa yang ingin Anda dapatkan dengan membacanya. Sebagian orang suka membaca buku yang mengajarkan keterampilan baru, mulai dari bahasa pemrograman komputer sampai keterampilan berburu atau berkemah. Sebagian yang lain menyukai cerita, entah fiksi atau biografi, yang membawa mereka ke masa, dunia, atau situasi lain. Pertama-tama, pikirkan apa yang ingin Anda dapatkan dari kegiatan membaca.

  • Anda mungkin akan belajar menyukai membaca jika kegiatan itu dapat menghubungkan Anda dengan sesuatu yang memiliki arti bagi Anda. Jika kegiatan membaca hanya sekadar tugas, atau sesuatu yang “dipaksakan” untuk Anda sukai, mungkin membaca tidak akan memberi dampak yang berarti.
  1. Putuskan apa yang ingin Anda baca.

   Setelah mengetahui tujuan Anda membaca, entah untuk belajar, mencari hiburan, atau sesuatu yang sama sekali berbeda, Anda dapat mempersempit jenis buku berdasarkan jawaban tersebut. Contohnya, jika Anda menginginkan cerita yang menghibur saja, akan sulit untuk mempersempit pilihan antara puisi, sastra, fiksi populer, memoar, dan jenis tulisan lain karena semuanya dapat memberikan cerita yang menghibur.

  • Cobalah melakukan pencarian di internet untuk mencari buku populer dalam area yang telah Anda pilih. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan daftar pilihan dan bisa mulai dari sana.
  • Berkonsultasilah dengan pustakawan setempat. Pustakawan biasanya senang memberikan rekomendasi buku untuk dibaca. Setelah mengetahui apa yang Anda “cari” dari bacaan Anda, mintalah masukan dari pustakawan tentang buku yang cocok dengan kebutuhan Anda.
  • Bicaralah dengan pramuniaga di toko buku setempat. Kebanyakan orang yang bekerja di toko buku menyukai membaca dan menggemari buku. Mereka bisa menjadi sumber informasi yang hebat. Mengobrol dengan orang yang sangat gemar membaca mungkin dapat menyalakan minat Anda sendiri.
  1. Pertimbangkan genre apa yang akan menjadi kesukaan Anda.

    Setelah menentukan jenis tulisan yang Anda minati, Anda dapat mempersempit pilihan bacaan lebih jauh lagi dengan mempertimbangkan genre yang diinginkan. Contohnya, Jika Anda memutuskan ingin membaca tentang fiksi populer, Anda dapat memilih antara horor, fiksi ilmiah, sejarah, fantasi, roman, misteri, atau buku yang lebih realis dengan pendekatan terhadap karakter dan latar belakang yang lebih nyata.

  • Contoh lain, jika Anda memutuskan ingin membaca buku sejarah nonfiksi, pertimbangkan periode waktu dan subjek yang paling menarik minat Anda. Buku tentang Hari-H di Normandia selama Perang Dunia II jelas akan memberikan pengalaman membaca berbeda dibanding buku tentang intrik politik para senator Romawi di masa pemerintahan Julius Caesar.

 

Sumber: id.wikihow.com

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Alip Arodabiro, S.Pd, M.Pd

  Bismillahirohmannirrohim Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadlirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya…

Selengkapnya

KATEGORI